dasar proposal.jpg
Apakah itu sebuah bisnis, proyek, atau jenis proposal yang berbeda, tujuannya adalah sama: untuk meyakinkan pembaca untuk membuat pilihan yang Anda mengusulkan. Oleh karena itu, proposal Anda harus persuasif. Perlu diingat bahwa semua komunikasi, termasuk menulis, Persuasi. Kata-kata yang Anda tulis akan dikirimkan untuk audiens Anda. Ini mungkin menjadi calon mitra klien atau bekerja. Tujuan dari kata-kata ini adalah untuk mempengaruhi keputusan orang itu. Ini yang sederhana.

Sebelum Anda mulai menulis proposal, penting untuk memahami beberapa hal tentang pembaca:

Dia peduli pertama dan terutama kebutuhan mereka sendiri.
Ia akan ingin menghabiskan waktu mungkin membaca atau melihat proposal Anda.

Dengan pemikiran ini, ada beberapa didirikan aturan praktis ketika menulis proposal:

Memberitahu mereka, memberitahu mereka dan memberitahu mereka lagi
Proposal tidak tentang Anda
Menjual manfaat.
Sangat spesifik
Menyimpannya sebagai singkat, tetapi tidak ringkas, mungkin.
Sendok makan pembaca.
Fokus pada tindakan.

Memberitahu mereka, memberitahu mereka dan memberitahu mereka lagi

Ada pepatah lama yang terjadi dengan pengembangan proposal dan presentasi.

Katakan kepada mereka apa yang Anda akan mengatakan kepada mereka.
Katakan kepada mereka.
Katakan kepada mereka apa yang Anda katakan kepada mereka.

Ini adalah nasihat yang baik. Percaya atau tidak, pengulangan baik. Jika Anda mengatakan sesuatu kepada seseorang dua puluh kali, mereka akan mengeluh Anda mengatakan mereka dua kali. Jika Anda mengatakan itu sekali, ada kemungkinan mereka akan lupa Anda mengatakannya.
Proposal tidak tentang Anda, mereka tentang mereka

Saat menulis proposal, orang lupa aturan emas: lakukan kepada orang lain seperti Anda ingin mereka lakukan kepada Anda.

Anda mungkin membenci orang-orang yang hanya berbicara tentang diri mereka sendiri. Jadi, mengapa Anda harus orang itu? Saya memahami bahwa Anda ingin memberikan klien halaman 10 Deskripsi tentang bagaimana menakjubkan Anda atau perusahaan Anda. Tapi terus terang, orang-orang hari ini tidak memiliki waktu atau kepentingan untuk membaca sepuluh halaman tentang Anda.

Menulis tentang mereka dan bagaimana mereka bisa mendapatkan keuntungan dari sumber daya, pengalaman, dan pendekatan.

Seluruh proses penulisan contoh proposal ini, terus mengingatkan diri sendiri, "Hal ini tidak tentang saya".
Menjual manfaat

"Menjual manfaat" adalah konsep yang cukup sederhana. Kata-kata Anda perlu memberitahukan pembaca bagaimana pilihan Anda advokasi akan menguntungkan mereka. Pembaca perlu mendapatkan pemahaman yang jelas tentang apa yang dia akan mendapatkan dari membuat pilihan yang Anda mempromosikan.

Sering kali, proposal penulis jatuh ke dalam perangkap berbicara tentang betapa hebatnya perusahaan mereka dan melupakan untuk mengidentifikasi bagaimana dampak atau bersimpangan dengan pembaca. Pembaca cenderung benci "fluff" ini dan akan kemungkinan skim atau melewatkan sepenuhnya.

Cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda menulis "menjual manfaat" adalah dengan menggunakan "Jadi apa? Uji."
"Jadi apa?" Tes

Baca juga: Keajaiban Dunia Pulau Komodo

Seperti saya katakan, pengukuran yang paling efektif untuk menjual manfaat adalah "Jadi apa?" tes. Berikut adalah cara kerjanya. Setelah Anda menulis sesuatu, kembali dan membacanya baca tentang Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan berpura-pura Anda adalah audiens yang dituju. Membayangkan diri Anda sebagai orang tua itu pemarah yang digunakan untuk mencuri bisbol Anda jika itu sengaja mendarat di halaman rumahnya. Setelah membaca setiap ayat, tanyakan pada diri sendiri "Jadi apa?"