Keajaiban Dunia Pulau Komodo - Republik Indonesia terdiri dari 17.508 pulau. Salah satu pulau-pulau ini adalah pulau Komodo, yang terkenal karena salah satu penduduknya — Komodo dragon. Pulau Komodo adalah bagian dari Taman Nasional Komodo. Pulau ini populer bagi wisatawan yang ingin melihat naga, serta penyelam yang bersemangat untuk melihat terumbu karang di daerah. Pulau ini terdaftar sebagai salah satu baru dari keajaiban dunia alam.

Pulau-Komodo.jpg

Fakta menarik tentang pulau Komodo:

Mereka yang hidup di pulau ini adalah keturunan dari mantan narapidana yang dikirim ke pulau mengikuti keyakinan mereka.

Komodo Dragon yang mendiami pulau ini dan beberapa orang lain di dekatnya adalah kadal terbesar di bumi.

Pulau Komodo meliputi daerah seluas 390 km2. Lebar 15 km dan 30 km panjang.

Ada 2000 orang tinggal di pulau sebagai penduduk tetap.

Agama orang-orang yang tinggal di pulau adalah Hindu, Kristen dan Islam.

Pulau Komodo adalah bagian dari rantai pulau yang dikenal sebagai rantai Nusa Tenggara.

Antara bulan April dan Oktober adalah musim kemarau ke pulau Komodo. Bulan Juli dan Agustus adalah bulan yang paling keren. Selama bulan-bulan suhu rata-rata adalah 30 derajat Celcius.

Musim hujan dari pulau Komodo adalah dari bulan Januari sampai Maret. Meskipun ini adalah musim hujan, Pulau Komodo tidak mendapatkan hujan lebat yang terjadi ke seluruh Indonesia.

Anda bisa menyelam sepanjang tahun di Komodo.

Ada kurang dari 4000 wild burung di pulau Komodo, dan juga rumah bagi banyak spesies yang terancam punah. Ada sekitar 25 spesies yang berbeda di pulau Komodo.

Pulau Komodo diyakini telah terbentuk sekitar 1 juta tahun yang lalu.

Di terumbu karang di bawah laut di sekitar pulau Komodo ada sekitar 1000 jenis ikan dan karang-bangunan spesies karang 253.

Ada di dunia hanya tujuh pantai dengan pasir merah muda. Pulau Komodo memiliki salah satu pantai pasir merah muda ini. Pasir mawar adalah campuran merah dan putih pasir.

Meskipun ada cerita Komodo Dragon selama bertahun-tahun, tidak ada yang pergi ke pulau Komodo untuk mengontrol sampai tahun 1910 di awal.

Di pertengahan 1900-an, fosil telah ditemukan di Australia sangat mirip dengan Komodo Dragon. Tanggal fosil ini kembali 30 sampai 60 juta tahun lalu.

Para pelaut Belanda awalnya digambarkan naga sebagai tujuh meter panjang dan mampu bernapas api.

Setelah ekspedisi oleh pejabat Belanda, hasilnya diterbitkan pada tahun 1912. Komodo dragon tidak bernapas api dan pada kenyataannya, itu adalah kadal monitor.

Gunung tertinggi di pulau Komodo adalah Satalibo, yang mencapai 735 meter pada puncaknya.
Masih terdapat hutan hujan di pulau Komodo, serta hutan bambu.

Rusa adalah makanan favorit Komodo Dragon dan dalam upaya untuk meningkatkan populasi mereka pemerintah mulai untuk melarang berburu rusa penduduk.

Pada tahun 1991, Taman Nasional Komodo telah dimasukkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia.
Pulau Komodo menjadi salah satu baru 7 keajaiban alam pada 11 November 2011.

Baca juga:

Profil Chairul Tanjung
Hewan Langka di Nepal
Tips Membuat Proposal
Dan Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Indonesia